Jumat, 01 Februari 2013

rkh paud ceria

RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN HARIAN
TA. 2012/2013


    Hari/Tanggal  : Senin,    Juli 2012
    Kelompok       :  Mawar
    Jumlah Anak  :  12
    Sentra             : Imtaq
    Tema               : Keluargaku
    Sub Tema       : Anggota keluargaku (bapak)
A.    Tujuan Pembelajaran :
1.     Mulai memahami kapan  mengucapkan salam, terima kasih, maaf, dsb.
2.     Berjalan sambil berjinjit.
3.    Menuang (air, beras, biji-bijian)
4.     Mengenal bagian-bagian tubuh (lima bagian),
5.    Mengenal bahan-bahan makanan,jenis-jenis binatang, alat transportasi, profesi, obyek-obyek dalam tema  
6.    Memahami perintah sederhana  seperti letakkan mainan di atas meja, ambil mainan  dari dalam kotak
7.     Mulai menunjukkan sikap berbagi,   membantu, bekerja bersama.
8.     Hafal beberapa lagu anak sederhana
9.    Membersihkan remah-remah makanannya sendiri
B.     Konsep Pengetahuan / Materi Pembelajaran :
1.    Mendengarkan cerita tentang anggota keluarga (bapak ) yang disampaikan dengan kalimat-kalimat santun (maaf, terima kasih, minta tolong, dan selalu mengucapkan salam pada setiap kegiatan.
2.    Senam dengan  iringan lagu sayang semuanya  dengan gerakan jalan bernjinjit.
3.    Bermain  meremas kertas pada kegiatan bermain
4.    Mendengarkan cerita tentang  bagian-bagian badan (lima bagian) pada ayah ibu(membedakan cirri-ciri perempuan dan laki-laki)
5.    Melaksanakan  perintah-perintah sederhana di setiap kegiatan bermain seperti : Silahkan menuju tempat kegiatan bermain, bereskan dan kembalikan mainan pada tempatnya dsb.
6.    Mau  berbagi makanan, mainan, membantu teman (mengembalikan alat main, melepas dan memakai sepatu  dsb)
7.     Menyanyikan  lagu sayang semuanya
8.    Membersihkan remah-remah makanannya sendiri setelah makan. bersama saat istirahat.
C.    ALAT DAN BAHAN
 buku cerita anak-anak,VCD. majalah bekas, miniature rumah ibadah kertas warna dll


D.    PIJAKAN LINGKUNGAN
Memeras dan menyobek majalah bekas  untuk 6 anak
Miniature rumah ibadah untuk 6 anak
E.    KEGIATAN BELAJAR
1.    Opening
Kegiatan Jasmani :
 * Senam dengan diiringi lagu kepala pundak lutut dan kaki
2.     LINGKARAN  (Pijakan sebelum main)
a.     Menanyakan kabar & absen :
Dengan menyanyi lagu :” selamat pagi”
Selamat pagi…(menyebut nama anak)
Selamat pagi …(menyebut nama anak)
Selamat pagi ibu ucapka
Salam pagi termalah salam dari kami yang ingin maju bersama-sama
b.    Doa pembuka
Berdoa dengan bacaan doa pendek dalam agama islam sebelum belajar
c.    Cerita :
Bercerita dengan judul  keluarga cemara 
d.    Kosa kata : Remas dan  sobek,
e.    Warna  :putih
f.    Bentuk  Persegi
g.    Lagu  :
rukun islam ada lima
rukun islam ada lima
syahadat, sholat, puasa, zakat untuk sibaba haji bagi yang kaya
siapa tidak sholat doooorrrrr celaka di akherat siapa tak bayar zakat oleh Allah di laknat
h.    Tepuk  :
tepuk anak sholah
aku plok..3x
anak sholeh plok…3x
rajin sholat plok 3x
rajin ngaji plok 3x
cinta islam sampai mati
lailahailallah muhammadurosulullah
islam..islam yes………
i.    Syair :  -
j.    Konsep ukuran: tipis
k.    Konsep Tekstur: halus
l.    Konsep Bilangan:1-4
m.    Aturan yang disepakati :
a.    Saying teman
b.    Bermain bergantian
c.    Mengembalikan mainan ketempatnya
d.    Bermain sampai selesai
3.    KEGIATAN BERMAIN (pijakan saat main)
a.     Anak-anak melakukan kegiatan:
perkenalan
Merema kertas
Merobek kertas
Miniature tempat ibadah
b.    Pendidik melakukan kegiatan:
•    Mengamati, mencatat, mendokumentasikan perkembangan main  sensorimotor , peran dan   pembangunan anak
•    Pendidik memperluas gagasan main  anak
4.    PIJAKAN SETELAH MAIN :
a.    Recalling :
-    Menggali pengalaman main anak dengan menanyakan pengalamanbermain di sentra imtaq
b.    .Reward
Memberi  penghargaan pada anak atas hasil bangunannya dengan “Bintang Anak Hebat”
5.    Istirahat
Makan bekal bersama diawali dengan cuci tangan dan berdoa sebelum makan
F.    Clossing
a. Tugas :
 - Membawa baju ganti
b.Pesan dan harapan:
-Pulang sekolah, ganti baju, cuci kaki tangan, dan Istirahat   
-Besuk pagi hari Rabu bertemu bunda lagi di sekolah
Ikrar “ANAK KELOMPOK BERMAIN”
•    Aku anak KELOMPOK BERMAIN
•    *SEHAT, CERDAS, CERIA..
•    *RAJIN BERDOA DAN SUKA MENOLONG
•    *AKU ANAK HEBAT....LUAR BIASA...!!!!!
c.Doa penutup
•    Berdoa dengan bacaan doa pendek dalam agama islam sebelum belajar
•    Setelah selesai berdoa, anak-anak menyanyi lagu :
•    Salam Terima Kasih
•    Gelang sipatu gelang
•    Sayonara

                                Kangkung,   JULI 2012
Pimpinan lembaga                                  Pendidik Sentra “

  ………………..                    ……………………
   






























RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN HARIAN
TA. 2012/2013


    Hari/Tanggal  : Rabu,      Juli 2012
    Kelompok       : Mawar
    Jumlah Anak  :  12
    Sentra             : Balok
    Tema               : Keluargaku
    Sub Tema       : Anggota keluargaku (ibu)
A.    Tujuan Pembelajaran :
1.     Mulai memahami kapan  mengucapkan salam, terima kasih, maaf, dsb.
2.     Berjalan sambil berjinjit.
3.    Menuang (air, beras, biji-bijian)
4.     Mengenal bagian-bagian tubuh (lima bagian),
5.    Mengenal bahan-bahan makanan,jenis-jenis binatang, alat transportasi, profesi, obyek-obyek dalam tema  
6.    Memahami perintah sederhana  seperti letakkan mainan di atas meja, ambil mainan  dari dalam kotak
7.     Mulai menunjukkan sikap berbagi,   membantu, bekerja bersama.
8.     Hafal beberapa lagu anak sederhana
9.    Membersihkan remah-remah makanannya sendiri
B.     Konsep Pengetahuan / Materi Pembelajaran :
1.    Mendengarkan cerita tentang anggota keluarga (ibu (jenis kelamin ibu, tugas ibu, ) ) yang disampaikan dengan kalimat-kalimat santun (maaf, terima kasih, minta tolong, dan selalu mengucapkan salam pada setiap kegiatan.
2.    Senam dengan  iringan kasih ibu dengan gerakan jalan bernjinjit.
3.    Bermain  balok  pada kegiatan bermain
4.    Mendengarkan cerita tentang  bagian-bagian badan (lima bagian) pada ayah ibu (membedakan cirri-ciri perempuan dan laki-laki)
5.    Melaksanakan  perintah-perintah sederhana di setiap kegiatan bermain seperti : Silahkan menuju tempat kegiatan bermain, bereskan dan kembalikan mainan pada tempatnya dsb.
6.    Mau  berbagi makanan, mainan, membantu teman (mengembalikan alat main, melepas dan memakai sepatu  dsb)
7.     Menyanyikan  lagu kasih ibu
8.    Membersihkan remah-remah makanannya sendiri setelah makan. bersama saat istirahat.


C.    ALAT DAN BAHAN
 buku cerita anak-anak,VCD. Balok mainan,  dll
D.    PIJAKAN LINGKUNGAN
Menyusun  menara balok  untuk 12 anak
E.    KEGIATAN BELAJAR
1.    Opening
Kegiatan Jasmani :
 * Senam dengan diiringi lagu kepala pundak lutut dan kaki
2.     LINGKARAN  (Pijakan sebelum main)
a.     Menanyakan kabar & absen :
Dengan menyanyi lagu :” selamat pagi”
Selamat pagi…(menyebut nama anak)
Selamat pagi …(menyebut nama anak)
Selamat pagi ibu ucapka
Salam pagi termalah salam dari kami yang ingin maju bersama-sama
b.    Doa pembuka
Berdoa dengan bacaan doa pendek dalam agama islam sebelum belajar
c.    Cerita :
Bercerita dengan judul  kasih ibu 
d.    Kosa kata : alamat rumah, melahirkan, kasih saying ibu 
e.    Warna  :putih
f.    Bentuk  hati
g.    Lagu  :
Kasih ibu kepada beta tak terhingga sepanjang masa
Hanya memberi tak harap kembali
Bagai sang surya menyinari dunia
h.    Tepuk  :
Tepuk paud
Anak sehat prok…3x
Anak cerdas  plok..3x
Anak  ceria plok…3x
Paud…. Paud…. Yes…….
i.    Syair :  -
j.    Konsep ukuran: tipis
k.    Konsep Tekstur: halus
l.    Konsep Bilangan:1-4
m.    Aturan yang disepakati :
Anak boleh pilih keg bermain sebanyak-banyaknya (menurut anak)
Menyelesaikan keg bermain yg dipilhnya
Melaporkan hasil kegiatanya pada guru
Beres-beres
Boleh pindah ke kegiatan main yg lain
3.    KEGIATAN BERMAIN (pijakan saat main)
a.     Anak-anak melakukan kegiatan:
Menyusun balok
b.    Pendidik melakukan kegiatan:
•    Mengamati, mencatat, mendokumentasikan perkembangan main  sensorimotor , peran dan   pembangunan anak
•    Pendidik memperluas gagasan main  anak
4.    PIJAKAN SETELAH MAIN :
a.    Recalling :
-    Menggali pengalaman main anak dengan menanyakan pengalamanbermain di sentra balok
b.    .Reward
Memberi  penghargaan pada anak atas hasil bangunannya dengan “Bintang Anak Hebat”
5.    Istirahat
Makan bekal bersama diawali dengan cuci tangan dan berdoa sebelum makan
F.    Clossing
a. Tugas :
 -
b.Pesan dan harapan:
-Pulang sekolah, ganti baju, cuci kaki tangan, dan Istirahat   
-Besuk pagi hari sabtu bertemu bunda lagi di sekolah
Ikrar “ANAK KELOMPOK BERMAIN”
•    Aku anak KELOMPOK BERMAIN
•    *SEHAT, CERDAS, CERIA..
•    *RAJIN BERDOA DAN SUKA MENOLONG
•    *AKU ANAK HEBAT....LUAR BIASA...!!!!!
c.Doa penutup
•    Berdoa dengan bacaan doa pendek dalam agama islam sebelum belajar
•    Setelah selesai berdoa, anak-anak menyanyi lagu :
•    Salam Terima Kasih
•    Gelang sipatu gelang
•    Sayonara

                                Surakarta,   JULI 2012
Pimpinan lembaga                                  Pendidik Sentra “

………………..                    ……………………
RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN HARIAN
TA. 2012/2013


    Hari/Tanggal  : Sabtu,     Juli 2012
    Kelompok       : Mawar
    Jumlah Anak  :  12
    Sentra             : persiapan
    Tema               : Keluargaku
    Sub Tema       : Anggota keluargaku (kaka dan adik)
A.    Tujuan Pembelajaran :
1.     Mulai memahami kapan  mengucapkan salam, terima kasih, maaf, dsb.
2.     Berjalan sambil berjinjit.
3.    Menuang (air, beras, biji-bijian)
4.     Mengenal bagian-bagian tubuh (lima bagian),
5.    Mengenal bahan-bahan makanan,jenis-jenis binatang, alat transportasi, profesi, obyek-obyek dalam tema  
6.    Memahami perintah sederhana  seperti letakkan mainan di atas meja, ambil mainan  dari dalam kotak
7.     Mulai menunjukkan sikap berbagi,   membantu, bekerja bersama.
8.     Hafal beberapa lagu anak sederhana
9.    Membersihkan remah-remah makanannya sendiri
B.     Konsep Pengetahuan / Materi Pembelajaran :
1.    Mendengarkan cerita tentang anggota keluarga (kakak dan adik ) yang disampaikan dengan kalimat-kalimat santun (maaf, terima kasih, minta tolong, dan selalu mengucapkan salam pada setiap kegiatan.
2.    Senam dengan  gerakan jalan bernjinjit.
3.    Bermain  balok  pada kegiatan bermain
4.    Mendengarkan cerita tentang  bagian-bagian badan (lima bagian) pada ayah ibu (membedakan cirri-ciri perempuan dan laki-laki)
5.    Melaksanakan  perintah-perintah sederhana di setiap kegiatan bermain seperti : Silahkan menuju tempat kegiatan bermain, bereskan dan kembalikan mainan pada tempatnya dsb.
6.    Mau  berbagi makanan, mainan, membantu teman (mengembalikan alat main, melepas dan memakai sepatu  dsb)
7.     Menyanyikan  dua mata saya
8.    Membersihkan remah-remah makanannya sendiri setelah makan. bersama saat istirahat.
C.    ALAT DAN BAHAN
 buku cerita anak-anak,VCD. Balok mainan,  dll

D.    PIJAKAN LINGKUNGAN
Menyusun  menara balok  untuk 12 anak
E.    KEGIATAN BELAJAR
1.    Opening
Kegiatan Jasmani :
 * Senam dengan diiringi lagu kepala pundak lutut dan kaki
2.     LINGKARAN  (Pijakan sebelum main)
a.     Menanyakan kabar & absen :
Dengan menyanyi lagu :” selamat pagi”
Selamat pagi…(menyebut nama anak)
Selamat pagi …(menyebut nama anak)
Selamat pagi ibu ucapka
Salam pagi termalah salam dari kami yang ingin maju bersama-sama
b.    Doa pembuka
Berdoa dengan bacaan doa pendek dalam agama islam sebelum belajar
c.    Cerita :
Bercerita dengan judul  kasih ibu 
d.    Kosa kata : alamat rumah, melahirkan, kasih saying ibu 
e.    Warna  :putih
f.    Bentuk  hati
g.    Lagu  :
Kasih ibu kepada beta tak terhingga sepanjang masa
Hanya memberi tak harap kembali
Bagai sang surya menyinari dunia
h.    Tepuk  :
Tepuk paud
Anak sehat prok…3x
Anak cerdas  plok..3x
Anak  ceria plok…3x
Paud…. Paud…. Yes…….
i.    Syair :  -
j.    Konsep ukuran: tipis
k.    Konsep Tekstur: halus
l.    Konsep Bilangan:1-4
m.    Aturan yang disepakati :
Anak boleh pilih kegiatan bermain sebanyak-banyaknya (menurut anak)
Menyelesaikan keg bermain yg dipilhnya
Melaporkan hasil kegiatanya pada guru
Beres-beres
Boleh pindah ke kegiatan main yg lain
3.    KEGIATAN BERMAIN (pijakan saat main)
a.     Anak-anak melakukan kegiatan:
Menyusun balok
b.    Pendidik melakukan kegiatan:
•    Mengamati, mencatat, mendokumentasikan perkembangan main  sensorimotor , peran dan   pembangunan anak
•    Pendidik memperluas gagasan main  anak
4.    PIJAKAN SETELAH MAIN :
a.    Recalling :
-    Menggali pengalaman main anak dengan menanyakan pengalamanbermain di sentra persiapan
b.    .Reward
Memberi  penghargaan pada anak atas hasil bangunannya dengan “Bintang Anak Hebat”
5.    Istirahat
Makan bekal bersama diawali dengan cuci tangan dan berdoa sebelum makan
F.    Clossing
a. Tugas :
 -
b.Pesan dan harapan:
-Pulang sekolah, ganti baju, cuci kaki tangan, dan Istirahat   
-Besuk pagi hari senin bertemu bunda lagi di sekolah
Ikrar “ANAK KELOMPOK BERMAIN”
•    Aku anak KELOMPOK BERMAIN
•    *SEHAT, CERDAS, CERIA..
•    *RAJIN BERDOA DAN SUKA MENOLONG
•    *AKU ANAK HEBAT....LUAR BIASA...!!!!!
c.Doa penutup
•    Berdoa dengan bacaan doa pendek dalam agama islam sebelum belajar
•    Setelah selesai berdoa, anak-anak menyanyi lagu :
•    Salam Terima Kasih
•    Gelang sipatu gelang
•    Sayonara

                                Surakarta,   JULI 2012
Pimpinan lembaga                                  Pendidik Sentra “

………………..                    ……………………
RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN HARIAN
TA. 2012/2013


    Hari/Tanggal  : Senin,    November 2012
    Kelompok       : Mawar
    Jumlah Anak  :  12
    Sentra             : main peran
    Tema               : Mainanku
    Sub Tema       : mobil-mobilan
A.    Tujuan Pembelajaran :
1.     Mulai memahami kapan  mengucapkan salam, terima kasih, maaf, dsb.
2.     Berjalan sambil berjinjit.
3.    Menuang (air, beras, biji-bijian)
4.     Mengenal bagian-bagian tubuh (lima bagian),
5.    Mengenal bahan-bahan makanan,jenis-jenis binatang, alat transportasi, profesi, obyek-obyek dalam tema  
6.    Memahami perintah sederhana  seperti letakkan mainan di atas meja, ambil mainan  dari dalam kotak
7.     Mulai menunjukkan sikap berbagi,   membantu, bekerja bersama.
8.     Hafal beberapa lagu anak sederhana
9.    Membersihkan remah-remah makanannya sendiri
B.     Konsep Pengetahuan / Materi Pembelajaran :
1.    Mendengarkan cerita tentang alat transportasi yang disampaikan dengan kalimat-kalimat santun (maaf, terima kasih, minta tolong, dan selalu mengucapkan salam pada setiap kegiatan.
2.    Senam dengan  gerakan jalan bernjinjit.
3.    Bermain  mobil-mobilan  pada kegiatan bermain
4.    Mendengarkan cerita tentang  bagian-bagian badan (lima bagian) pada ayah ibu (membedakan cirri-ciri perempuan dan laki-laki)
5.    Melaksanakan  perintah-perintah sederhana di setiap kegiatan bermain seperti : Silahkan menuju tempat kegiatan bermain, bereskan dan kembalikan mainan pada tempatnya dsb.
6.    Mau  berbagi makanan, mainan, membantu teman (mengembalikan alat main, melepas dan memakai sepatu  dsb)
7.     Menyanyikan  lagu naik kereta api
8.    Membersihkan remah-remah makanannya sendiri setelah makan. bersama saat istirahat.
C.    ALAT DAN BAHAN
 buku cerita anak-anak,VCD. Mobil-mobilan,  dll

D.    PIJAKAN LINGKUNGAN
Mendorong mobil-mobilan
Menaiki mobil dari kardus
Mencuci mobil
Menyeteir mobil
E.    KEGIATAN BELAJAR
1.    Opening
Kegiatan Jasmani :
 * Senam dengan diiringi lagu naik kereta api
2.     LINGKARAN  (Pijakan sebelum main)
a.     Menanyakan kabar & absen :
Dengan menyanyi lagu :” selamat pagi”
Selamat pagi…(menyebut nama anak)
Selamat pagi …(menyebut nama anak)
Selamat pagi ibu ucapka
Salam pagi termalah salam dari kami yang ingin maju bersama-sama
b.    Doa pembuka
Berdoa dengan bacaan doa pendek dalam agama islam sebelum belajar
c.    Cerita :
Bercerita dengan judul  asal usul mobil 
d.    Kosa kata : balap, truk, bus, angkutan 
e.    Warna  :merah
f.    Bentuk  kotak, persegi
g.    Lagu  :
Naik kereta api
Naik kereta api tut…tut…tut…
Siapa hendak turun
Ke bandung, Surabaya bolelah naik dengan percuma
Ayo kawanku lekas naik
Keretaku tak berhenti lama
h.    Tepuk  :
Tepuk mobil
Tepuk mobil prok….3x
Belok kanan prok…3x
Belok kiri  plok..3x
Din…diiinn diiiiiinn…..
i.    Syair :  -
j.    Konsep ukuran: panjang pendek, keras
k.    Konsep Tekstur: keras
l.    Konsep Bilangan: 2 dan 4
m.    Aturan yang disepakati :
Anak boleh pilih keg bermain sebanyak-banyaknya (menurut anak)
Menyelesaikan keg bermain yg dipilhnya
Melaporkan hasil kegiatanya pada guru
Beres-beres
Boleh pindah ke kegiatan main yg lain
3.    KEGIATAN BERMAIN (pijakan saat main)
a.     Anak-anak melakukan kegiatan:
Mendorong mobi-mobilan
Menaiki kardus (di ibaratkan kereta)
Mencuci mobil
Mengisi bensin
b.    Pendidik melakukan kegiatan:
•    Mengamati, mencatat, mendokumentasikan perkembangan main  sensorimotor , peran dan   pembangunan anak
•    Pendidik memperluas gagasan main  anak

4.    PIJAKAN SETELAH MAIN :
a.    Recalling :
-    Menggali pengalaman main anak dengan menanyakan pengalamanbermain di sentra peran
b.    .Reward
Memberi  penghargaan pada anak atas hasil bangunannya dengan “Bintang Anak Hebat”
5.    Istirahat
Makan bekal bersama diawali dengan cuci tangan dan berdoa sebelum makan
F.    Clossing
a. Tugas :
 - besok membawa baju ganti
b.Pesan dan harapan:
-Pulang sekolah, ganti baju, cuci kaki tangan, dan Istirahat   
-Besuk pagi hari rabu bertemu bunda lagi di sekolah
Ikrar “ANAK KELOMPOK BERMAIN”
•    Aku anak KELOMPOK BERMAIN
•    *SEHAT, CERDAS, CERIA..
•    *RAJIN BERDOA DAN SUKA MENOLONG
•    *AKU ANAK HEBAT....LUAR BIASA...!!!!!
c.Doa penutup
•    Berdoa dengan bacaan doa pendek dalam agama islam sebelum belajar
•    Setelah selesai berdoa, anak-anak menyanyi lagu :
•    Salam Terima Kasih
•    Gelang sipatu gelang
•    Sayonara


                                Kangkung ,   Nopember 2012
Pimpinan lembaga                                  Pendidik Sentra “

………………..                    ……………………





























RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN HARIAN
TA. 2012/2013


    Hari/Tanggal  : Rabu ,    November 2012
    Kelompok       : Mawar
    Jumlah Anak  :  12
    Sentra             : seni dan keterampilan
    Tema               : mainanku
    Sub Tema       : masak masakan
A.    Tujuan Pembelajaran :
1.     Mulai memahami kapan  mengucapkan salam, terima kasih, maaf, dsb.
2.     Berjalan sambil berjinjit.
3.    Menuang (air, beras, biji-bijian)
4.     Mengenal bagian-bagian tubuh (lima bagian),
5.    Mengenal bahan-bahan makanan,jenis-jenis binatang, alat transportasi, profesi, obyek-obyek dalam tema  
6.    Memahami perintah sederhana  seperti letakkan mainan di atas meja, ambil mainan  dari dalam kotak
7.     Mulai menunjukkan sikap berbagi,   membantu, bekerja bersama.
8.     Hafal beberapa lagu anak sederhana
9.    Membersihkan remah-remah makanannya sendiri
B.     Konsep Pengetahuan / Materi Pembelajaran :
1.    Mendengarkan cerita tentang berbagai macam makanan yang disampaikan dengan kalimat-kalimat santun (maaf, terima kasih, minta tolong, dan selalu mengucapkan salam pada setiap kegiatan.
2.    Senam dengan  gerakan jalan bernjinjit.
3.    Bermain  masak-masakan  pada kegiatan bermain
4.    Mendengarkan cerita tentang  bagian-bagian badan (lima bagian) pada ayah ibu (membedakan cirri-ciri perempuan dan laki-laki)
5.    Melaksanakan  perintah-perintah sederhana di setiap kegiatan bermain seperti : Silahkan menuju tempat kegiatan bermain, bereskan dan kembalikan mainan pada tempatnya dsb.
6.    Mau  berbagi makanan, mainan, membantu teman (mengembalikan alat main, melepas dan memakai sepatu  dsb)
7.     Menyanyikan  empat sehat lima sempurna
8.    Membersihkan remah-remah makanannya sendiri setelah makan. bersama saat istirahat.


C.    ALAT DAN BAHAN
 buku cerita anak-anak,VCD. Panci, kompor, piring, gelas, cendok, garpu, ember, air, pasir,  dll

D.    PIJAKAN LINGKUNGAN
Memasak nasi
Mesasak sayur
Jualan
pembeli
E.    KEGIATAN BELAJAR
1.    Opening
Kegiatan Jasmani :
 * Senam dengan diiringi empat sehat lima sempurna
2.     LINGKARAN  (Pijakan sebelum main)
a.     Menanyakan kabar & absen :
Dengan menyanyi lagu :” selamat pagi”
Selamat pagi…(menyebut nama anak)
Selamat pagi …(menyebut nama anak)
Selamat pagi ibu ucapka
Salam pagi termalah salam dari kami yang ingin maju bersama-sama
b.    Doa pembuka
Berdoa dengan bacaan doa pendek dalam agama islam sebelum belajar
c.    Cerita :
Bercerita dengan judul  makanan sehat 
d.    Kosa kata : basi, menanak, enak. lezat 
e.    Warna  : hijau
f.    Bentuk  lingkaran
g.    Lagu  :
Empat sehat lima sempurna
Sepiring nasi sehari tiga kali itu baru cukup kalori
Lauk pauknya yang sederhana cukup gizi dapatlah terberi
Buah buahan cukup banyak disini Nusantara tak tertandingi
Sayuran segar semangat mekar berseri cerah tiap hari
Empat sehat lima sempurna tuk masa depan kita nasi lauk sayur dan buah kalau dapat ditambah susu
h.    Tepuk  :
Tepuk paud
Anak sehat prok….3x
Anak cerdas  prok…3x
Anak ceria  plok..3x
Paud…paud… yes…..
i.    Syair :  -
j.    Konsep ukuran: panjang pendek, keras
k.    Konsep Tekstur: keras
l.    Konsep Bilangan: 1 -5
m.    Aturan yang disepakati :
Anak boleh pilih keg bermain sebanyak-banyaknya (menurut anak)
Menyelesaikan keg bermain yg dipilhnya
Melaporkan hasil kegiatanya pada guru
Beres-beres
Boleh pindah ke kegiatan main yg lain
3.    KEGIATAN BERMAIN (pijakan saat main)
c.     Anak-anak melakukan kegiatan:
Memasak nasi
Memasak sayur
Warung makan
Penjual
pembeli
d.    Pendidik melakukan kegiatan:
•    Mengamati, mencatat, mendokumentasikan perkembangan main  sensorimotor , peran dan   pembangunan anak
•    Pendidik memperluas gagasan main  anak
4.    PIJAKAN SETELAH MAIN :
c.    Recalling :
-    Menggali pengalaman main anak dengan menanyakan pengalamanbermain di sentra peran
d.    .Reward
Memberi  penghargaan pada anak atas hasil bangunannya dengan “Bintang Anak Hebat”
5.    Istirahat
Makan bekal bersama diawali dengan cuci tangan dan berdoa sebelum makan
F.    Clossing
a. Tugas :
 - besok membawa baju olahraga
b.Pesan dan harapan:
-Pulang sekolah, ganti baju, cuci kaki tangan, dan Istirahat   
-Besuk pagi hari rabu bertemu bunda lagi di sekolah
Ikrar “ANAK KELOMPOK BERMAIN”
•    Aku anak KELOMPOK BERMAIN
•    *SEHAT, CERDAS, CERIA..
•    *RAJIN BERDOA DAN SUKA MENOLONG
•    *AKU ANAK HEBAT....LUAR BIASA...!!!!!
c.Doa penutup
•    Berdoa dengan bacaan doa pendek dalam agama islam sebelum belajar
•    Setelah selesai berdoa, anak-anak menyanyi lagu :
•    Salam Terima Kasih
•    Gelang sipatu gelang
•    Sayonara

                                Kangkung ,   Nopember 2012
Pimpinan lembaga                                  Pendidik Sentra “

………………..                    ……………………


























RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN HARIAN
TA. 2012/2013


    Hari/Tanggal  : Sabtu ,    November 2012
    Kelompok       : Mawar
    Jumlah Anak  :  12
    Sentra             : Olahraga
    Tema               : Mainanku
    Sub Tema       :  Boneka
A.    Tujuan Pembelajaran :
1.     Mulai memahami kapan  mengucapkan salam, terima kasih, maaf, dsb.
2.     Berjalan sambil berjinjit.
3.    Menuang (air, beras, biji-bijian)
4.     Mengenal bagian-bagian tubuh (lima bagian),
5.    Mengenal bahan-bahan makanan,jenis-jenis binatang, alat transportasi, profesi, obyek-obyek dalam tema  
6.    Memahami perintah sederhana  seperti letakkan mainan di atas meja, ambil mainan  dari dalam kotak
7.     Mulai menunjukkan sikap berbagi,   membantu, bekerja bersama.
8.     Hafal beberapa lagu anak sederhana
9.    Membersihkan remah-remah makanannya sendiri
B.     Konsep Pengetahuan / Materi Pembelajaran :
1.    Mendengarkan cerita tentang boneka pinokio yang disampaikan dengan kalimat-kalimat santun (maaf, terima kasih, minta tolong, dan selalu mengucapkan salam pada setiap kegiatan.
2.    Senam dengan  gerakan jalan bernjinjit.
3.    Bermain  masak-masakan  pada kegiatan bermain
4.    Mendengarkan cerita tentang  bagian-bagian badan (lima bagian) pada ayah ibu (membedakan cirri-ciri perempuan dan laki-laki)
5.    Melaksanakan  perintah-perintah sederhana di setiap kegiatan bermain seperti : Silahkan menuju tempat kegiatan bermain, bereskan dan kembalikan mainan pada tempatnya dsb.
6.    Mau  berbagi makanan, mainan, membantu teman (mengembalikan alat main, melepas dan memakai sepatu  dsb)
7.     Menyanyikan  lagu gembira
8.    Membersihkan remah-remah makanannya sendiri setelah makan. bersama saat istirahat.


C.    ALAT DAN BAHAN
 buku cerita anak-anak,VCD. Panci, kompor, piring, gelas, cendok, garpu, ember, air,boneka, ,  dll

D.    PIJAKAN LINGKUNGAN
Mandikan bayi
Menyuapin bayi
Meninabobokan bayi
E.    KEGIATAN BELAJAR
1.    Opening
Kegiatan Jasmani :
 * Senam dengan diiringi lagu gembira
2.     LINGKARAN  (Pijakan sebelum main)
a.     Menanyakan kabar & absen :
Dengan menyanyi lagu :” selamat pagi”
Selamat pagi…(menyebut nama anak)
Selamat pagi …(menyebut nama anak)
Selamat pagi ibu ucapka
Salam pagi terimalah salam dari kami yang ingin maju bersama-sama
b.    Doa pembuka
Berdoa dengan bacaan doa pendek dalam agama islam sebelum belajar
c.    Cerita :
Bercerita dengan judul  boneka pinokio
d.    Kosa kata : dosa, berbohong
e.    Warna  : kuning
f.    Bentuk  kotak
g.    Lagu  :
Lagu Gembira
Bernyanyi kita bernyanyi
Karena bergirang hati
Bersorak-bertepuk
Berarak-arak
Bersorak bertepuk
Berarak-arak
Bersiul kita bersiul
Tandanya kita berkumpul
Bersiul bertepuk
Berarak-arak
Bersiul bertepuk
Berarak-arak
h.    Tepuk  :
Tepuk bulan
Bulat  prok….3x
bundar  prok…3x
bercahaya   plok..3x
aku senang
i.    Syair :  -
j.    Konsep ukuran: panjang pendek, keras
k.    Konsep Tekstur: lembut
l.    Konsep Bilangan: 1 -5
m.    Aturan yang disepakati :
Anak boleh pilih keg bermain sebanyak-banyaknya (menurut anak)
Menyelesaikan keg bermain yg dipilhnya
Melaporkan hasil kegiatanya pada guru
Beres-beres
Boleh pindah ke kegiatan main yg lain
3.    KEGIATAN BERMAIN (pijakan saat main)
e.     Anak-anak melakukan kegiatan:
Memandikan bayi
Menyuapin bayi
Menina bobokan bayi
f.    Pendidik melakukan kegiatan:
•    Mengamati, mencatat, mendokumentasikan perkembangan main  sensorimotor , peran dan   pembangunan anak
•    Pendidik memperluas gagasan main  anak
4.    PIJAKAN SETELAH MAIN :
e.    Recalling :
-    Menggali pengalaman main anak dengan menanyakan pengalamanbermain di sentra olah raga
f.    .Reward
Memberi  penghargaan pada anak atas hasil bangunannya dengan “Bintang Anak Hebat”
5.    Istirahat
Makan bekal bersama diawali dengan cuci tangan dan berdoa sebelum makan
F.    Clossing
a. Tugas :

b.Pesan dan harapan:
-Pulang sekolah, ganti baju, cuci kaki tangan, dan Istirahat   
-Besuk pagi hari senin bertemu bunda lagi di sekolah
Ikrar “ANAK KELOMPOK BERMAIN”
•    Aku anak KELOMPOK BERMAIN
•    *SEHAT, CERDAS, CERIA..
•    *RAJIN BERDOA DAN SUKA MENOLONG
•    *AKU ANAK HEBAT....LUAR BIASA...!!!!!
c.Doa penutup
•    Berdoa dengan bacaan doa pendek dalam agama islam sebelum belajar
•    Setelah selesai berdoa, anak-anak menyanyi lagu :
•    Salam Terima Kasih
•    Gelang sipatu gelang
•    Sayonara

                                Kangkung ,   Nopember 2012
Pimpinan lembaga                                  Pendidik Sentra “

………………..                    ……………………
























RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN HARIAN
TA. 2012/2013


    Hari/Tanggal  : Senin ,    Maret 2013
    Kelompok       : Mawar
    Jumlah Anak  :  12
    Sentra             : Olahraga
    Tema               : imtaq
    Sub Tema       :  udang
A.    Tujuan Pembelajaran :
1.     Mulai memahami kapan  mengucapkan salam, terima kasih, maaf, dsb.
2.     Berjalan sambil berjinjit.
3.    Menuang (air, beras, biji-bijian)
4.     Mengenal bagian-bagian tubuh (lima bagian),
5.    Mengenal bahan-bahan makanan,jenis-jenis binatang, alat transportasi, profesi, obyek-obyek dalam tema  
6.    Memahami perintah sederhana  seperti letakkan mainan di atas meja, ambil mainan  dari dalam kotak
7.     Mulai menunjukkan sikap berbagi,   membantu, bekerja bersama.
8.     Hafal beberapa lagu anak sederhana
9.    Membersihkan remah-remah makanannya sendiri
B.     Konsep Pengetahuan / Materi Pembelajaran :
1.    Mendengarkan cerita tentang si kancil anak nakal yang disampaikan dengan kalimat-kalimat santun (maaf, terima kasih, minta tolong, dan selalu mengucapkan salam pada setiap kegiatan.
2.    Senam dengan  gerakan jalan bernjinjit.
3.    Bermain  gambar binatang pada kegiatan bermain
4.    Mendengarkan cerita tentang  bagian-bagian badan (lima bagian) pada binatang
5.    Melaksanakan  perintah-perintah sederhana di setiap kegiatan bermain seperti : Silahkan menuju tempat kegiatan bermain, bereskan dan kembalikan mainan pada tempatnya dsb.
6.    Mau  berbagi makanan, mainan, membantu teman (mengembalikan alat main, melepas dan memakai sepatu  dsb)
7.     Menyanyikan  lagu yang berjudul ciptaan tuhan
8.    Membersihkan remah-remah makanannya sendiri setelah makan. bersama saat istirahat.
C.    ALAT DAN BAHAN
 buku cerita anak-anak,VCD, gambar-gambar hewan,  dll

D.    PIJAKAN LINGKUNGAN
Menyebutkan nama binatang
E.    KEGIATAN BELAJAR
1.    Opening
Kegiatan Jasmani :
 * Senam dengan diiringi lagu Hoki Poki
2.     LINGKARAN  (Pijakan sebelum main)
a.     Menanyakan kabar & absen :
Dengan menyanyi lagu :” selamat pagi”
Selamat pagi…(menyebut nama anak)
Selamat pagi …(menyebut nama anak)
Selamat pagi ibu ucapka
Salam pagi terimalah salam dari kami yang ingin maju bersama-sama
b.    Doa pembuka
Berdoa dengan bacaan doa pendek dalam agama islam sebelum belajar
c.    Cerita :
Bercerita dengan judul 
d.    Kosa kata : baik, kapal
e.    Warna  : abu-abu
f.    Bentuk  persegi
g.    Lagu  :
Lagu Hoki Poki
Kaki kanan ke depan
Kaki belakang ke depan
Kaki kanan ke depan
Dan goyang-goyangkan
Mari berhoki-hoki
Dan berputar-putar
h.    Syair :  -
i.    Konsep ukuran: panjang pendek, keras
j.    Konsep Tekstur: lembut
k.    Konsep Bilangan: 1 -10
l.    Aturan yang disepakati :
Anak boleh pilih keg bermain sebanyak-banyaknya (menurut anak)
Menyelesaikan keg bermain yg dipilhnya
Melaporkan hasil kegiatanya pada guru
Beres-beres
Boleh pindah ke kegiatan main yg lain
3.    KEGIATAN BERMAIN (pijakan saat main)
a.     Anak-anak melakukan kegiatan:
Menirukan gerakan binatang berenang
b.    Pendidik melakukan kegiatan:
•    Mengamati, mencatat, mendokumentasikan perkembangan main  sensorimotor , peran dan   pembangunan anak
•    Pendidik memperluas gagasan main  anak
4.    PIJAKAN SETELAH MAIN :
g.    Recalling :
-    Menggali pengalaman main anak dengan menanyakan pengalamanbermain di sentra imtaq
h.    .Reward
Memberi  penghargaan pada anak atas hasil bangunannya dengan “Bintang Anak Hebat”
5.    Istirahat
Makan bekal bersama diawali dengan cuci tangan dan berdoa sebelum makan
F.    Clossing
a. Tugas :

b.Pesan dan harapan:
-Pulang sekolah, ganti baju, cuci kaki tangan, dan Istirahat   
-Besuk pagi hari rabu bertemu bunda lagi di sekolah
Ikrar “ANAK KELOMPOK BERMAIN”
•    Aku anak KELOMPOK BERMAIN
•    *SEHAT, CERDAS, CERIA..
•    *RAJIN BERDOA DAN SUKA MENOLONG
•    *AKU ANAK HEBAT....LUAR BIASA...!!!!!
c.Doa penutup
•    Berdoa dengan bacaan doa pendek dalam agama islam sebelum belajar
•    Setelah selesai berdoa, anak-anak menyanyi lagu :
•    Salam Terima Kasih
•    Gelang sipatu gelang
•    Sayonara

                                Kangkung ,   Maret 2012
Pimpinan lembaga                                  Pendidik Sentra “

………………..                    ……………………




RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN HARIAN
TA. 2012/2013


    Hari/Tanggal  : Rabu ,    Maret 2012
    Kelompok       : Mawar
    Jumlah Anak  :  12
    Sentra             : Balok
    Tema               : ikan laut
    Sub Tema       :  cumi-cumi
A.    Tujuan Pembelajaran :
1.     Mulai memahami kapan  mengucapkan salam, terima kasih, maaf, dsb.
2.     Berjalan sambil berjinjit.
3.    Menuang (air, beras, biji-bijian)
4.     Mengenal bagian-bagian tubuh (lima bagian),
5.    Mengenal bahan-bahan makanan,jenis-jenis binatang, alat transportasi, profesi, obyek-obyek dalam tema  
6.    Memahami perintah sederhana  seperti letakkan mainan di atas meja, ambil mainan  dari dalam kotak
7.     Mulai menunjukkan sikap berbagi,   membantu, bekerja bersama.
8.     Hafal beberapa lagu anak sederhana
9.    Membersihkan remah-remah makanannya sendiri
B.     Konsep Pengetahuan / Materi Pembelajaran :
1.    Mendengarkan cerita tentang boneka pinokio yang disampaikan dengan kalimat-kalimat santun (maaf, terima kasih, minta tolong, dan selalu mengucapkan salam pada setiap kegiatan.
2.    Senam dengan  gerakan jalan bernjinjit.
3.    Bermain  masak-masakan  pada kegiatan bermain
4.    Mendengarkan cerita tentang  bagian-bagian badan (lima bagian) pada hewan
5.    Melaksanakan  perintah-perintah sederhana di setiap kegiatan bermain seperti : Silahkan menuju tempat kegiatan bermain, bereskan dan kembalikan mainan pada tempatnya dsb.
6.    Mau  berbagi makanan, mainan, membantu teman (mengembalikan alat main, melepas dan memakai sepatu  dsb)
7.     Menyanyikan  lagu a cat kucing
8.    Membersihkan remah-remah makanannya sendiri setelah makan. bersama saat istirahat.
C.    ALAT DAN BAHAN
 buku cerita anak-anak,VCD. Gambar ikan, balok ,  dll

D.    PIJAKAN LINGKUNGAN
Menyusun balok

E.    KEGIATAN BELAJAR
1.    Opening
Kegiatan Jasmani :
 * Senam dengan diiringi lagu gembira
2.     LINGKARAN  (Pijakan sebelum main)
a.     Menanyakan kabar & absen :
Dengan menyanyi lagu :” selamat pagi”
Selamat pagi…(menyebut nama anak)
Selamat pagi …(menyebut nama anak)
Selamat pagi ibu ucapka
Salam pagi terimalah salam dari kami yang ingin maju bersama-sama
b.    Doa pembuka
Berdoa dengan bacaan doa pendek dalam agama islam sebelum belajar
c.    Cerita :
Bercerita dengan judul  isi laut
d.    Kosa kata : karang, ombak, tinta dll
e.    Warna  : hijau
f.    Bentuk  kotak
g.    Lagu  :
Lagu Gembira
Bernyanyi kita bernyanyi
Karena bergirang hati
Bersorak-bertepuk
Berarak-arak
Bersorak bertepuk
Berarak-arak
Bersiul kita bersiul
Tandanya kita berkumpul
Bersiul bertepuk
Berarak-arak
Bersiul bertepuk
Berarak-arak
h.    Tepuk  :
Tepuk bulan
Bulat  prok….3x
bundar  prok…3x
bercahaya   plok..3x
aku senang
i.    Syair :  -
j.    Konsep ukuran: panjang pendek, keras
k.    Konsep Tekstur: lembek
l.    Konsep Bilangan: 1 -5
m.    Aturan yang disepakati :
Anak boleh pilih keg bermain sebanyak-banyaknya (menurut anak)
Menyelesaikan keg bermain yg dipilhnya
Melaporkan hasil kegiatanya pada guru
Beres-beres
Boleh pindah ke kegiatan main yg lain
3.    KEGIATAN BERMAIN (pijakan saat main)
a.     Anak-anak melakukan kegiatan:
Menyusun balok
b.    Pendidik melakukan kegiatan:
•    Mengamati, mencatat, mendokumentasikan perkembangan main  sensorimotor , peran dan   pembangunan anak
•    Pendidik memperluas gagasan main  anak
4.    PIJAKAN SETELAH MAIN :
a.    Recalling :
-    Menggali pengalaman main anak dengan menanyakan pengalamanbermain di sentra olah raga
b.    .Reward
Memberi  penghargaan pada anak atas hasil bangunannya dengan “Bintang Anak Hebat”
5.    Istirahat
Makan bekal bersama diawali dengan cuci tangan dan berdoa sebelum makan
F.    Clossing
a. Tugas :

b.Pesan dan harapan:
-Pulang sekolah, ganti baju, cuci kaki tangan, dan Istirahat   
-Besuk pagi hari sabtu bertemu bunda lagi di sekolah
Ikrar “ANAK KELOMPOK BERMAIN”
•    Aku anak KELOMPOK BERMAIN
•    *SEHAT, CERDAS, CERIA..
•    *RAJIN BERDOA DAN SUKA MENOLONG
•    *AKU ANAK HEBAT....LUAR BIASA...!!!!!
c.Doa penutup
•    Berdoa dengan bacaan doa pendek dalam agama islam sebelum belajar
•    Setelah selesai berdoa, anak-anak menyanyi lagu :
•    Salam Terima Kasih
•    Gelang sipatu gelang
•    Sayonara

                                Kangkung ,   Maret 201 2
Pimpinan lembaga                                  Pendidik Sentra “

………………..                    ……………………































RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN HARIAN
TA. 2012/2013


    Hari/Tanggal  : Sabtu ,    November 2012
    Kelompok       : Mawar
    Jumlah Anak  :  12
    Sentra             : Olahraga
    Tema               : binatang laut
    Sub Tema       :  lomba-lomba
A.    Tujuan Pembelajaran :
1.     Mulai memahami kapan  mengucapkan salam, terima kasih, maaf, dsb.
2.     Berjalan sambil berjinjit.
3.    Menuang (air, beras, biji-bijian)
4.     Mengenal bagian-bagian tubuh (lima bagian),
5.    Mengenal bahan-bahan makanan,jenis-jenis binatang, alat transportasi, profesi, obyek-obyek dalam tema  
6.    Memahami perintah sederhana  seperti letakkan mainan di atas meja, ambil mainan  dari dalam kotak
7.     Mulai menunjukkan sikap berbagi,   membantu, bekerja bersama.
8.     Hafal beberapa lagu anak sederhana
9.    Membersihkan remah-remah makanannya sendiri
B.     Konsep Pengetahuan / Materi Pembelajaran :
1.    Mendengarkan cerita tentang nelayan dan lumba-lumba yang baik hati yang disampaikan dengan kalimat-kalimat santun (maaf, terima kasih, minta tolong, dan selalu mengucapkan salam pada setiap kegiatan.
2.    Senam dengan  gerakan jalan bernjinjit.
3.    Bermain  masak-masakan  pada kegiatan bermain
4.    Mendengarkan cerita tentang  bagian-bagian badan (lima bagian) pada hewan
5.    Melaksanakan  perintah-perintah sederhana di setiap kegiatan bermain seperti : Silahkan menuju tempat kegiatan bermain, bereskan dan kembalikan mainan pada tempatnya dsb.
6.    Mau  berbagi makanan, mainan, membantu teman (mengembalikan alat main, melepas dan memakai sepatu  dsb)
7.     Menyanyikan  lagu gembira
8.    Membersihkan remah-remah makanannya sendiri setelah makan. bersama saat istirahat.
C.    ALAT DAN BAHAN
 buku cerita anak-anak,VCD. Kertas, gambar hewan, pensil, crayon

D.    PIJAKAN LINGKUNGAN
Menggambar bebas
E.    KEGIATAN BELAJAR
1.    Opening
Kegiatan Jasmani :
 * Senam dengan diiringi lagu gembira
2.     LINGKARAN  (Pijakan sebelum main)
a.     Menanyakan kabar & absen :
Dengan menyanyi lagu :” selamat pagi”
Selamat pagi…(menyebut nama anak)
Selamat pagi …(menyebut nama anak)
Selamat pagi ibu ucapka
Salam pagi terimalah salam dari kami yang ingin maju bersama-sama
b.    Doa pembuka
Berdoa dengan bacaan doa pendek dalam agama islam sebelum belajar
c.    Cerita :
Bercerita dengan judul nelayan dan lumba-lumba yang baik hati
d.    Kosa kata : penolong, menyelamatkan, tenggelam, nelayan, menjala
e.    Warna  : biru
f.    Bentuk  persegi
g.    Lagu  :
Lagu nenek moyangku
Nenek moyangku seorang pelaut
gemar mlaut luar samudra
 menerjang ombak tiada takut
menempu badai sudah
 biasa angin bertiup
 layar berkembang
ombak berderu di tepi pantai
pemuda berani
 bangkit sekarang
kelaut kita beramai-ramai.
h.    Tepuk  :
Tepuk bulan
Bulat  prok….3x
bundar  prok…3x
bercahaya   plok..3x
aku senang
i.    Syair :  -
j.    Konsep ukuran: panjang pendek, keras
k.    Konsep Tekstur: keras
l.    Konsep Bilangan: 1 -5
m.    Aturan yang disepakati :
Anak boleh pilih keg bermain sebanyak-banyaknya (menurut anak)
Menyelesaikan keg bermain yg dipilhnya
Melaporkan hasil kegiatanya pada guru
Beres-beres
Boleh pindah ke kegiatan main yg lain
3.    KEGIATAN BERMAIN (pijakan saat main)
a.     Anak-anak melakukan kegiatan:
Memandikan bayi
Menyuapin bayi
Menina bobokan bayi
b.    Pendidik melakukan kegiatan:
•    Mengamati, mencatat, mendokumentasikan perkembangan main  sensorimotor , peran dan   pembangunan anak
•    Pendidik memperluas gagasan main  anak
4.    PIJAKAN SETELAH MAIN :
a.    Recalling :
-    Menggali pengalaman main anak dengan menanyakan pengalamanbermain di sentra olah raga
b.    .Reward
Memberi  penghargaan pada anak atas hasil bangunannya dengan “Bintang Anak Hebat”
5.    Istirahat
Makan bekal bersama diawali dengan cuci tangan dan berdoa sebelum makan
F.    Clossing
a. Tugas :

b.Pesan dan harapan:
-Pulang sekolah, ganti baju, cuci kaki tangan, dan Istirahat   
-Besuk pagi hari senin bertemu bunda lagi di sekolah
Ikrar “ANAK KELOMPOK BERMAIN”
•    Aku anak KELOMPOK BERMAIN
•    *SEHAT, CERDAS, CERIA..
•    *RAJIN BERDOA DAN SUKA MENOLONG
•    *AKU ANAK HEBAT....LUAR BIASA...!!!!!
c.Doa penutup
•    Berdoa dengan bacaan doa pendek dalam agama islam sebelum belajar
•    Setelah selesai berdoa, anak-anak menyanyi lagu :
•    Salam Terima Kasih
•    Gelang sipatu gelang
•    Sayonara

                                Kangkung ,   Maret  2012
Pimpinan lembaga                                  Pendidik Sentra “

………………..                    ……………………
































RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN HARIAN
TA. 2012/2013


    Hari/Tanggal  : Sabtu ,    April  2012
    Kelompok       : Mawar
    Jumlah Anak  :  12
    Sentra             : peran
    Tema               : binatang buas
    Sub Tema       :  macan
A.    Tujuan Pembelajaran :
1.     Mulai memahami kapan  mengucapkan salam, terima kasih, maaf, dsb.
2.     Berjalan sambil berjinjit.
3.    Menuang (air, beras, biji-bijian)
4.     Mengenal bagian-bagian tubuh (lima bagian),
5.    Mengenal bahan-bahan makanan,jenis-jenis binatang, alat transportasi, profesi, obyek-obyek dalam tema  
6.    Memahami perintah sederhana  seperti letakkan mainan di atas meja, ambil mainan  dari dalam kotak
7.     Mulai menunjukkan sikap berbagi,   membantu, bekerja bersama.
8.     Hafal beberapa lagu anak sederhana
9.    Membersihkan remah-remah makanannya sendiri
B.     Konsep Pengetahuan / Materi Pembelajaran :
1.    Mendengarkan cerita tentang si simba (macan kecil) yang baik hati yang disampaikan dengan kalimat-kalimat santun (maaf, terima kasih, minta tolong, dan selalu mengucapkan salam pada setiap kegiatan.
2.    Senam dengan  gerakan jalan bernjinjit.
3.    Bermain peran  pada kegiatan bermain
4.    Mendengarkan cerita tentang  bagian-bagian badan (lima bagian) pada hewan
5.    Melaksanakan  perintah-perintah sederhana di setiap kegiatan bermain seperti : Silahkan menuju tempat kegiatan bermain, bereskan dan kembalikan mainan pada tempatnya dsb.
6.    Mau  berbagi makanan, mainan, membantu teman (mengembalikan alat main, melepas dan memakai sepatu  dsb)
7.     Menyanyikan  lagu gembira
8.    Membersihkan remah-remah makanannya sendiri setelah makan. bersama saat istirahat.
C.    ALAT DAN BAHAN
 buku cerita anak-anak,VCD. Kertas, gambar hewan, pensil, crayon

D.    PIJAKAN LINGKUNGAN
Penjaga kebun binatang
Memberi makan
Memandikan
E.    KEGIATAN BELAJAR
1.    Opening
Kegiatan Jasmani :
 * Senam dengan diiringi lagu gembira
2.     LINGKARAN  (Pijakan sebelum main)
a.     Menanyakan kabar & absen :
Dengan menyanyi lagu :” selamat pagi”
Selamat pagi…(menyebut nama anak)
Selamat pagi …(menyebut nama anak)
Selamat pagi ibu ucapka
Salam pagi terimalah salam dari kami yang ingin maju bersama-sama
b.    Doa pembuka
Berdoa dengan bacaan doa pendek dalam agama islam sebelum belajar
c.    Cerita :
Bercerita dengan judul si simba (anak macan)
d.    Kosa kata : hutan rimba, buas, induk
e.    Warna  : coklat
f.    Bentuk  lingkaran
g.    Lagu  :
Si kancil
Si kancil anak nakal
 suka mencuri timun
marilah kita pukul
 jangan diberi ampun
 sikancil sudah besar
 sekarang ia sadar
sekarang rajin belajar
 tidak berbuat onar
h.    Tepuk  :
Tepuk paud
Anak sehat prok….3x
Anak ceria  prok…3x
Anak cerdas plok..3x
Paud...paud... yes
i.    Syair :  -
j.    Konsep ukuran: panjang pendek, keras
k.    Konsep Tekstur: keras
l.    Konsep Bilangan: 1 -5
m.    Aturan yang disepakati :
Anak boleh pilih keg bermain sebanyak-banyaknya (menurut anak)
Menyelesaikan keg bermain yg dipilhnya
Melaporkan hasil kegiatanya pada guru
Beres-beres
Boleh pindah ke kegiatan main yg lain
3.    KEGIATAN BERMAIN (pijakan saat main)
a.    Anak-anak melakukan kegiatan:
Menjaga kebun binatang
Memandikan hewan
Memberi makan
b.    Pendidik melakukan kegiatan:
•    Mengamati, mencatat, mendokumentasikan perkembangan main  sensorimotor , peran dan   pembangunan anak
•    Pendidik memperluas gagasan main  anak
4.    PIJAKAN SETELAH MAIN :
c.    Recalling :
-    Menggali pengalaman main anak dengan menanyakan pengalamanbermain di sentra peran
d.    .Reward
Memberi  penghargaan pada anak atas hasil bangunannya dengan “Bintang Anak Hebat”
5.    Istirahat
Makan bekal bersama diawali dengan cuci tangan dan berdoa sebelum makan
F.    Clossing
a. Tugas :

b.Pesan dan harapan:
-Pulang sekolah, ganti baju, cuci kaki tangan, dan Istirahat   
-Besuk pagi hari rabu bertemu bunda lagi di sekolah
Ikrar “ANAK KELOMPOK BERMAIN”
•    Aku anak KELOMPOK BERMAIN
•    *SEHAT, CERDAS, CERIA..
•    *RAJIN BERDOA DAN SUKA MENOLONG
•    *AKU ANAK HEBAT....LUAR BIASA...!!!!!
c.Doa penutup
•    Berdoa dengan bacaan doa pendek dalam agama islam sebelum belajar
•    Setelah selesai berdoa, anak-anak menyanyi lagu :
•    Salam Terima Kasih
•    Gelang sipatu gelang
•    Sayonara

                                Kangkung ,   April  2012
Pimpinan lembaga                                  Pendidik Sentra “

………………..                    ……………………

































RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN HARIAN
TA. 2012/2013


    Hari/Tanggal  : Sabtu ,    April  2012
    Kelompok       : Mawar
    Jumlah Anak  :  12
    Sentra             : peran
    Tema               : binatang buas
    Sub Tema       :  ular
A.    Tujuan Pembelajaran :
1.     Mulai memahami kapan  mengucapkan salam, terima kasih, maaf, dsb.
2.     Berjalan sambil berjinjit.
3.    Menuang (air, beras, biji-bijian)
4.     Mengenal bagian-bagian tubuh (lima bagian),
5.    Mengenal bahan-bahan makanan,jenis-jenis binatang, alat transportasi, profesi, obyek-obyek dalam tema  
6.    Memahami perintah sederhana  seperti letakkan mainan di atas meja, ambil mainan  dari dalam kotak
7.     Mulai menunjukkan sikap berbagi,   membantu, bekerja bersama.
8.     Hafal beberapa lagu anak sederhana
9.    Membersihkan remah-remah makanannya sendiri
B.     Konsep Pengetahuan / Materi Pembelajaran :
9.    Mendengarkan cerita tentang si simba (macan kecil) yang baik hati yang disampaikan dengan kalimat-kalimat santun (maaf, terima kasih, minta tolong, dan selalu mengucapkan salam pada setiap kegiatan.
10.    Senam dengan  gerakan jalan bernjinjit.
11.    Bermain peran  pada kegiatan bermain
12.    Mendengarkan cerita tentang  bagian-bagian badan (lima bagian) pada hewan
13.    Melaksanakan  perintah-perintah sederhana di setiap kegiatan bermain seperti : Silahkan menuju tempat kegiatan bermain, bereskan dan kembalikan mainan pada tempatnya dsb.
14.    Mau  berbagi makanan, mainan, membantu teman (mengembalikan alat main, melepas dan memakai sepatu  dsb)
15.     Menyanyikan  lagu gembira
16.    Membersihkan remah-remah makanannya sendiri setelah makan. bersama saat istirahat.
C.    ALAT DAN BAHAN
 buku cerita anak-anak,VCD. Kertas, gambar hewan, pensil, crayon

D.    PIJAKAN LINGKUNGAN
Penjaga kebun binatang
Memberi makan
Memandikan
E.    KEGIATAN BELAJAR
6.    Opening
Kegiatan Jasmani :
 * Senam dengan diiringi lagu gembira
7.     LINGKARAN  (Pijakan sebelum main)
n.     Menanyakan kabar & absen :
Dengan menyanyi lagu :” selamat pagi”
Selamat pagi…(menyebut nama anak)
Selamat pagi …(menyebut nama anak)
Selamat pagi ibu ucapka
Salam pagi terimalah salam dari kami yang ingin maju bersama-sama
o.    Doa pembuka
Berdoa dengan bacaan doa pendek dalam agama islam sebelum belajar
p.    Cerita :
Bercerita dengan judul si simba (anak macan)
q.    Kosa kata : hutan rimba, buas, induk
r.    Warna  : coklat
s.    Bentuk  lingkaran
t.    Lagu  :
Si kancil
Si kancil anak nakal
 suka mencuri timun
marilah kita pukul
 jangan diberi ampun
 sikancil sudah besar
 sekarang ia sadar
sekarang rajin belajar
 tidak berbuat onar
u.    Tepuk  :
Tepuk paud
Anak sehat prok….3x
Anak ceria  prok…3x
Anak cerdas plok..3x
Paud...paud... yes
v.    Syair :  -
w.    Konsep ukuran: panjang pendek, keras
x.    Konsep Tekstur: keras
y.    Konsep Bilangan: 1 -5
z.    Aturan yang disepakati :
Anak boleh pilih keg bermain sebanyak-banyaknya (menurut anak)
Menyelesaikan keg bermain yg dipilhnya
Melaporkan hasil kegiatanya pada guru
Beres-beres
Boleh pindah ke kegiatan main yg lain
8.    KEGIATAN BERMAIN (pijakan saat main)
c.    Anak-anak melakukan kegiatan:
Menjaga kebun binatang
Memandikan hewan
Memberi makan
d.    Pendidik melakukan kegiatan:
•    Mengamati, mencatat, mendokumentasikan perkembangan main  sensorimotor , peran dan   pembangunan anak
•    Pendidik memperluas gagasan main  anak
9.    PIJAKAN SETELAH MAIN :
e.    Recalling :
-    Menggali pengalaman main anak dengan menanyakan pengalamanbermain di sentra peran
f.    .Reward
Memberi  penghargaan pada anak atas hasil bangunannya dengan “Bintang Anak Hebat”
10.    Istirahat
Makan bekal bersama diawali dengan cuci tangan dan berdoa sebelum makan
F.    Clossing
a. Tugas :

b.Pesan dan harapan:
-Pulang sekolah, ganti baju, cuci kaki tangan, dan Istirahat   
-Besuk pagi hari rabu bertemu bunda lagi di sekolah
Ikrar “ANAK KELOMPOK BERMAIN”
•    Aku anak KELOMPOK BERMAIN
•    *SEHAT, CERDAS, CERIA..
•    *RAJIN BERDOA DAN SUKA MENOLONG
•    *AKU ANAK HEBAT....LUAR BIASA...!!!!!
c.Doa penutup
•    Berdoa dengan bacaan doa pendek dalam agama islam sebelum belajar
•    Setelah selesai berdoa, anak-anak menyanyi lagu :
•    Salam Terima Kasih
•    Gelang sipatu gelang
•    Sayonara

                                Kangkung ,   April  2012
Pimpinan lembaga                                  Pendidik Sentra “

………………..                    ……………………


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar